Saturday, July 4, 2015

Apakah ReadyBoost Benar-Benar Mempercepat Komputer ?


ReadyBoost

Apakah ReadyBoost Benar-Benar Mempercepat Komputer ?

ReadyBoost adalah salah satu fitur yang muncul pertama kali di Windows Vista. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan performa komputer agar lebih cepat dari biasanya. ReadyBoost memanfaatkan fitur disk cache pada Windows dengan beberapa perangkat penyimpanan eksternal seperi FlashDisk, SSD, Hardisk External hingga SD Card.

Mengenal SuperFetch

ReadyBoost secara langsung berhubungan dengan SuperFetch. Jika kalian masih asing dengan nama SuperFetch, SuperFetch adalah salah satu servis yang bisa ditemukan di Windows yang berguna untuk mengatur / memanajemen kinerja RAM. 

Cara kerja SuperFetch adalah SuperFetch akan menyimpan segala jenis data diakses oleh User dan menentukan data mana saja yang dapat disimpan kedalam RAM sehingga data tersebut tidak harus diakses ke Hardisk yang biasanya dapat memperlamabat kinerja Windows, jadi seperti cache yang beberapa waktu lalu sudah saya jelaskan disini.

Lalu Bagaimana Cara Kerja ReadyBoost dengan SuperFetch ?

ReadyBoost akan bekerja sama dengan SuperFetch. SuperFetch biasanya menggunakan RAM yang ada di PC kalian, namun SuperFetch juga bisa digunakan perangkat USB, nah saat inilah peran ReadyBoost digunakan. Saat kalian pertama kali mencolok perangkat penyimpanan USB kedalam komputer, kalian pasti akan diberi pilihan untuk menggunakan fitur ReadyBoost, saat kalian memilih fitur tersebut, Windows akan secara otomatis menyimpan data SuperFetch kedalam perangkat penyimpanan USB dan memberi ruang pada RAM, jadi RAM tidak akan terlalu penuh dengan data dari SuperFetch.

Apakah Benar ReadyBoost Bisa Mempercepat Komputer ?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. ReadyBoost akan sangat berguna jika kalian memiliki RAM yang rendah serta perangkat peryimpanan USB berkecepatan tinggi, namun jika ternyata kalian sudah memiliki RAM yang tinggi dan kecepatan perangkat penyimpanan USB kalian rendah, ReadyBoost akan menjadi sia-sia.

ReadyBoost cocok digunakan buat kalian yang memiliki RAM 512 MB hingga 2 GB tentu dengan catatan kalian mempunyai perangkat penyimapanan USB dengan kecepatan tinggi. Jika kalian mempunyai flashdisk 1 GB namun kecepatannya sangat lambat, ReadyBoost tidak dapat mempercepat Windows.

Bagaimana Cara mengaktifkan ReadyBoost ?

ReadyBoost dapat diaktifkan dengan mudah, saya menyarankan kalian memformat flashdisk kalian dengan format sistem NTFS dibandingkan FAT32. Contohnya begini, jika kalian memiliki flashdisk dengan format FAT32, maka ReadyBoost hanya dapat digunakan 4 GB saja, sedangkan jika formatnya NTFS dapat digunakan hingga maksimal 32 GB untuk NTFS.
1. Klik kanan pada perangkat penyimpanan USB yang dipilih --> properties dan klik tab ReadyBoost.

ReadyBoost

2. Jika kalian ingin menggunakan seluruh ukuran di FlashDisk tinggal geser sampai full. Disitu ada 3 pilihan yakni :

- Do not use this device : jika memilih ini kalian tidak menggunakan fitur readyboost.
- Dedicate this device to readyboost : kalian akan terus menggunakan flashdisk yang kalian pilih sebagai readyboost.
- Use this device : kalian memilih menggunakan fitur readyboost diperangkat yang dipilih namun bersifat sementara saja.

Saya menyarankan pilih use this device --> apply --> Ok.


sumber : 
http://www.software182.com/2015/04/readyboost-pada-windows.html#axzz3esmSEaIs

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls