Monday, July 9, 2012

Mengenal Front Page Joomla

Halaman depan Joomla atau yang biasa disebut Front Page mempunyai beberapa bagian :

1. Top menu
Merupakan menu di atas/ Top yang masing- masing mempunyai link baik itu link internal atau langsung ke content maupun contact.

2. Modul
Merupakan bagian dari Joomla yang tak terpisahkan dan mempunyai fungsi yang sangat banyak. Berada pada bagian yang beraneka ragam, bisa di bagian sebelah kiri, kanan, atas bawah dan lain sebagainya.

Modul ini mempunyai halaman dibagian admin yang disebut Modul Manager. Modul manager adalah tempat kita bisa menambah, mengurangi maupun mengedit modul joomla. 

Modul bisa terdiri atas login, Polls/ jajak pendapat, Advertisement, main menu, dan lain-lain.

tutorial-joomla-front-page-user

3. Lead Article
Bagian utama halaman depan, Content yang menjadi bagian utama Website ditampilkan dibagian ini. Lead Article bisa diatur jumlahnya lewat halaman admin pada bagian home/ main menu. Pada Lead Article halaman utama atau isi content ditampilkan secara penuh tanpa read more.

4. Intro article
Intro atau bagian awal dari keseluruhan isi article. Ditandai dengan tulisan read more. Intro Article bisa diatur jumlah, prioritas penempatan, section dan categorinya lewat halaman admin.

5. Banner
Bagian yang disediakan untuk promosi, biasanya terletak di bagian bawah halaman website.

6. Feed Entries
Bagian yang bisa digunakan untuk pengunjung berlangganan berita atau memasang sebagian isi content website kepada website yang lain.

6. Footer
Bagian paling bawah, biasanya digunakan untuk menunjukkan hak cipta dari pemilik website.


Untuk mengelola Content Front Page pada Joomla, di halaman admin disediakan menu untuk Front Page manager, sehingga kita akan mudah mengaturnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls